Kamis, 05 Januari 2017

Simak Perbedaan Paling Menonjol Antara Desain Berbasis Vektor dan Bitmap



Desain Grafis sudah menjadi bagian dalam kehidupan saat ini. Tanpa Desain Grafis, mungkin kita tidak akan melihat gambar-gambar menarik di luaran sana. Bahkan, sosial media pun akan lesu tanpa sentuhan hangat dari seorang desain grafis.

Grafis sendiri merupakan gambar yang tersusun dari kordinat-kordinat yangh tepat dengan konsep yang sudah tersusun rapi. Pada desain grafis, desain dibagi menjadi dua kelompok yaitu Bitmap dan Vektor.


Bitmap dan Vektor merupakan jenis desain yang ada saat ini. Terlihat sama, namun memiliki perbedaan yang menonjol anatara satu sama lain. For your information, berikut beberapa perbedaan yang paling menonjol diantara keduanya dilansir situs jasa desain logo.



Desain Bitmap

Grafis desain bitmap adalah objek gambar yang dibentuk dengan raster/pixel/titik koordinat. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini akan semakin halus citra grafis, tetapi kapasitas filenya akan semakin besar.

Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap tergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut.

Program aplikasi grafis yang berbasis bitmap antara lain: Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor, dan Macromedia Fireworks.



Desain Vektor

Grafis desain vektor adalah objek gambar yang menggunakan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu. Pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakai banyak memori.

Program aplikasi grafis vektor, antara lain CorelDraw, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator, Micrografx Designer.



Keunggulan dan Kelemahan

Jika dibandingkan, Bitmap dan Vektor sama - sama memiliki fungsi yang sama, yaitu membuat sebuah grafis tampak lebih menarik. Namun, dibalik itu semua terdapat banyak sekali keunggulan dan juga kelemahan diantara dua aplikasi ini.

Keunggulan grafis vektor ada pada ukuran file dokumen yang dihasilkan kecil, sehingga menghemat memori penyimpanan file. Kelemahan grafis Vektor adalah pemakaian prosessor yang memakan memori lebih banyak sehingga komputer bekerja menjadi lebih lambat.

Keunggulan grafis bitmap adalah pemakaian memori lebih kecil dibandingkan grafis vektor.
Kelemahan grafis bitmap adalah ukuran file yang dihasilkan besar. Kehalusan gambar grafis vektor tidak tergantung pada ukuran dpi, tetapi pada output device, seperti monitor dan printer. Semakin canggih output device yang digunakan, semakin halus citra grafis yang tampak.

Itulah sedikit informasi tentang Bitmap dan Vektor dalam desain grafis. Kedua aplikasi desain ini sama-sama memiliki pengaruh yang besar, hanya saja terdapat perbedaan diantara keduanya. Ini tergantung dari Anda mana yang mau dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar