Senin, 23 Januari 2017

Desain Logo Sederhana VS Logo Kompleks. Mana Yang Paling Unggul?



Logo sudah menjadi sebuah keharusan ketika Anda memiliki bisnis atau brand untuk membedakan antara apa yang Anda miliki dengan orang lain. Secara umum, logo bisa menjadi identitas dalam bersaing dengan ribuan bisnis serupa yang telah ada saat ini.

Relevansi menggunakan logo telah terbukti bagi kebanyakan orang mereka bisa dengan mudah mengenali perusahaan Anda hanya dengan melihat logonya. Tentu saja, Anda perlu membuat logo yang sempurna yang menceritakan kepada costumers siapa Anda dan layanan apa yang Anda tawarkan.


Ada banyak logo yang saat ini menjamur di masyarakat. Tapi, jika dilihat dari type nya, hanya ada dua jenis logo yang berlaku yaitu logo sederhana atau logo kompleks. Kedua jenis logo ini tentu saja berbeda, ada yang mengatakan jika logo simple/sederhana lebih mudah diingat sementara yang lain mengatakan bahwa desain rumit terlihat lebih profesional dan unik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai dua type logo, mulai dari kekurangan hingga kelebihannya. Ini penting untuk disimak, terlebih bagi Anda yang masih bingung menentukan logo mana yang akan dipakai dan di desain dari jasa desain logo,



Desain Logo Sederhana

Beberapa desainer mempercayai bahwa kesederhanaan adalah sebuah keindahan oleh karena itu mereka lebih memilih untuk membuat desain logo yang simple/sederhana. mereka berpendapat penggunaan bentuk dan warna sederhana akan membuat logo lebih mudah difahami dan lebih mudah diingat, bahkan yang pertama kali melihatnya sekalipun akan langsung mengingat logo tersebut.

Nilai plus atau kelebihan dari desain logo yang sederhana tentu saja mudah dibuat terlebih ketika logo dicetak pada banner, brosur bahkan pada T-shirt atau Mug sekalipun. Detail logo akan sangat terlihat jelas dan bisa memangkas biaya cetak karena penggunaan warna yang sedikit.

Tapi sebenarnya, semua itu tergantung dari strategi pemasaran Logo tersebut baik sederhana maupun logo yang rumiy. Kita bisa ambil contoh dari logo apple. Bukankah itu terlihat sangat sederhana ? Tapi ketika anda melihat logo itu, Anda akan segera tahu bahwa laptop, iphone atau ipad dibuat oleh Apple.



Logo Apple memiliki desain yang sederhana tetapi dari kepopulerannya jelas mereka mudah diingat dan bisa diterima masyrakat. Dari logo Apple ini, seakan ada pesan tersendiri yang ingin di utarakan seperti 'Anda tidak perlu membuat desain logo yang kompleks untuk terlihat profesional dan dapat dipercaya.'

Beberapa logo simple/sederhana sebenarnya juga memiliki makna yang kompleks, seperti contoh logo Fedex. Menggunakan tipografi sederhana dan dua warna saja, tetapi ketika dilihat lebih teliti, dapat ditemukan sebuah pesan tersembunyi dalam logo tersebut. Di antara huruf E dan x terdapat bentuk "panah" yang melambangkan tujuan perusahaan untuk kemajuan.



Desain Logo Kompleks

Semakin banyak warna dan bentuk yang digunakan, semakin terlihat menarik desain tersebut, itulah yang sebagian desainer lain pikirkan. Beberapa dari mereka membuat logo yang kompleks dengan tujuan untuk mengesankan klien mereka. Beberapa lagi hanya ingin membuat desain terbaik yang mewakili sebuah perusahaan.

Memang jika berbicara tentang desain, desain kompleks ini memiliki keistimewaan dengan menampilkan banyak elemen. Akan tetapi,  kelemahan memiliki logo fantastis adalah bisa membingungkan pikiran orang - orang. Pesan yang ingin disampaikan dari logo tidak lagi menjadi jelas dan perlahan hilang di dalam berbagai warna dan gaya yang digunakan.

Mungkin ada beberapa logo kompleks yang memiliki arti disetiap detail bentuk dan warnanya, orang-orang bisa saja bertanya tentang makna dari logo tersebut. Tapi sebenarnya, mereka tidak akan meminta Anda. Mereka hanya akan melihat lalu mungkin melupakannya.

Membuat logo kompleks bisa dikatakan adalah sebagai cara mengekspresikan kreativitas seseorang desainer untuk memastikan keunikan lambang dan bentuk logo. Namun dalam beberapa kasus hal itu justru gagal untuk memberikan tujuan sebenarnya dari logo.

Tapi bagaimana dengan Starbuck yang menggunakan desain logo yang kompleks tapi masih tetap terkenal ? pasti banyak orang yang bertanya-tanya mengapa kedai kopi terkenal sekelas Starbuck memiliki logo yang cukup rumit.



Pada logonya, starbuck menampilkan putri dengan dua ekor yang menyerupai duyung. Sejarah logo ini sangat panjang sekali, logo inipun sudah mengalami beberapa revisi, dan bahkan banyak kedai kopi serupa yang meniru logo ini, dan pantas saja jika logo ini terkenal karena sudah mngalami proses yang panjang.

Back to topic, sebenarnya logo kompleks bisa dengan mudah dibuat, namun penggunaan banyak warna dalam membuat logo memakan memakan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan kombinasi warna yang tepat. Menggunakan terlalu banyak warna juga akan meningkatkan biaya cetak jika Anda ingin mencetak logo anda ke bahan lain seperti T-shirt.

Berikut beberapa contoh dari desain logo yang cukup kompleks yang ada saat ini.





Itulah sedikit informasi terkait dengan logo yang sederhana dan logo yang kompleks. Desain logo apapun yang Anda buat, baik itu simple/sederhana ataupun kompleks, yang paling penting adalah logo tersebut bisa mengidentifikasi dan mewakili perusahaan dan serta memudahkan orang - orang untuk mengenali dan mengingat perusahaan tersebut.

Selalu perhatikan tujuan utama dari pembuatan logo. Sebuah logo harus bisa menjawab pertanyaan "Siapa perusahaan tersebut?",  "apa yang dikerjakannya?", dan "apa yang dia tawarkan ?". Inilah tujuan utama pembuatan logo yang harus Anda ketahui sebelum membuatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar