Selasa, 03 Januari 2017

Trik Membuat Desain Poster Yang Bisa Dilirik Pembaca



Sebagai salah satu media promosi dan juga branding, Poster memiliki banyak fungsi dan masih menjadi hal utama dalam mempromosikan sebuah brand yang kita miliki. Bukan itu saja, poster pun sudah meluas fungsinya bukan hanya media promosi saja tetapi juga sebagai media seni yang berisikan gambar dengan konten menarik.

Kita sebagai orang yang mendesain poster pastinya ingin poster kita dilihat banyak orang, bukan? Memiliki center of attention tersendiri dan dilirik para pembaca?


Sensitif terhadap keadaan lingkungan adalah salah satu kunci untuk menciptakan sebuah desain poster yang menarik. Meskipun terlihat abstrak, ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan untuk membuat desain poster yang eyecatching.

Nah, untuk itu, dibutuhkan banyak sekali trik-trik dalam mendesain poster yang bisa memberikan feedback lebih pada kita. Ketahui trik-triknya berikut ini!



1. Buatlah sebuah poster yang mudah dibaca meski dari jarak yang relatif jauh. Sesuatu yang unik adalah hal yang paling utama dalam membuat sebuah poster. 'Unik' disini adalah buatlah yang sederhana, simple tapi memiliki unsur seni dengan kreatifitas tersendiri.

Buatlah juga Poster yang relatif mengundang perhatian pembaca dengan berisikan judul dan isi yang menarik. Judul adalah teks yang berukuran paling besar yang diharapkan menjadi faktor utama dalam menarik perhatian orang. Dan isi, cobalah buat dengan gambar menarik dengan berisikan konten yang mengundang perhatian pembaca.

2. Untuk mengundang perhatian, kamu bisa gunakan warna yang kontras. Melakukan penabrakkan warna akan menciptakan suatu karya yang tidak biasa dan memaksa orang, melalui otak mereka, untuk melihatnya.

Seperti yang dilansir situs jasa desain logo, beranilah bermain warna-warna, berani dan tipe tulisan yang unik namun tetap mudah dibaca. Tidak harus rumit, tetapi buatlah poster sesederhana mungkin namun tetap dimengerti oleh pembaca.

3. Selanjutnya, perhatikan pembacamu. Siapa target pembacamu? Karakteristik pembaca yang dituju akan memengaruhi desain poster itu sendiri, mulai dari penyusunan kata, pemilihan warna, sampai pada penggunaan konten yang berpengaruh.

Jika target utama poster Anda adalah remaja, buatlah semenarik mungkin dengan menambahkan unsur fun. Anda juga bisa menambahkan sesuatu yang sedang digandrungi saat ini pada element poster agar menarik attention audience.



4. Desain poster tak melulu soal gambar. Tidak ada salahnya kamu mencoba sekadar fokus pada tipografinya saja. Tanpa harus mencantumkan terlalu banyak gambar konten yang berlebihan (dan mungkin akan membuat kamu pusing untuk mendesain satu per satu), main saja dengan jenis huruf. Ini akan memudahkan kamu membuat desain poster yang sederhana, tapi juga tetap mampu menyampaikan pesan dengan efektif.

5. Desain poster juga harus membuat pembacanya tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut. Satu hal yang tidak boleh dilupakan sama sekali adalah informasi kontak. Apa yang ingin disampaikan dari poster tersebut dan di mana pembaca bisa mengorek informasi lebih jauh?

6. Pemilihan jenis kertas yang digunakan untuk mencetak poster juga akan memengaruhi tingkat perhatian pembaca. Poster bukan sekadar kertas bergambar dan memuat tulisan ala kadarnya. Poster yang berkualitas akan lebih menarik perhatian dan disukai pembaca.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda terapkan dalam membuat sebuah poster. Ingat, poster bisa menjadi media promosi yang baik untuk brand Anda, jadi buatlah semenarik mungkin agar mampu diterima oleh semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar