Kamis, 05 Januari 2017

Ini Dia Jenis-Jenis Desain Grafis Yang Perlu Anda Ketahui



Berbicara tentang desain grafis, pasti yang terlintas di benak kita semua adalah orang yang bergelut dengan sebuah komputer, membuat gambar dan membuka tutup aplikasi photoshop. Ya, memang jika berbicara tentang desain grafis, maka itulah yang ada saat ini, tetapi ternyata, desain grafis itu memiliki beberapa jenis dengan media grafis yang berbeda-beda.


Desain grafis dan jasa desain company profile sudah meluas di era digital saat ini. Banyak media grafis yang dikerjakan dan bukan hanya terpaku dengan photoshop semata. Penasaran bukan, sapa saja sih jenis-jenis Desain Grafis yang ada saat ini? berikut informasinya.

1. Drafter

Ini dia salah satu jenis desainer yang ahli dalam bidang arsitektur dan rancangan bangunan yang simetris dan digunakan untuk keperluan pembuatan sesuatu yang memerlukan ketelitian tinggi. Profesi ini sangat dibutuhkan di dunia arsitektur dan industri.

2. Editor

Desainer khusus untuk membuat kover, sampul, banner, dsb. Dan juga membuat karya karya desain grafis misalnya: brosur, kartu nama, pin, logo, poster, dsb. Yang memerlukan sentuhan pandangan dan software yang harus dikuasai adalah : Corel draw, Adobe Photoshop, Freehand, Illustrator. Jenis desain grafis ini sangat dibutuhkan di dunia periklanan dan publikasi.



3. Art Director

Desainer khusus unuk membuat karya karya seni dari komputer yang bisa digunakan untuk visual effects ataupun hanya untuk hiasan saja. Membutuhkan kreativitas tinggi untuk membuat karya agung yang akan dibuat. Sedangkan software yang harus dikuasai adalah : Corel draw, Photoshop, Photo paint, Art creator. Sangat dibutuhkan di dunia perfilman, seniman visualisator, foto editing effects.

4. Fotografer

Yang satu ini pasti tidak asing lagi. Fotografer adalah desainer khusus yang sering melakukan pengeditan foto juga merangkap sebagai orang yang mengabadikan setiap moment untuk kepentingan pekerjaan dengan kameranya.

Membutuhkan intelegensi tinggi kreativitas tinggi dan harus menguasai adobe photoshop, ieworks, photo studio. Sangat dibutuhkan didunia fotografi, foto editor, wartawan, dsb.

5. Animator

Bekerja pada bidang motion graphic, iklan atau film fantasi, inilah jenis desain grafis lainnya yang disebut dengan Animator. Animator harus memiliki daya tahan tinggi, pengetahuan yang cukup tinggi , pengalaman dan harus menguasai Macromedia Flash, Adobe Flash, After Effects, 3d Maya, Gif Animator dan Corel Rave. Dibutuhkan di dunia advertising, perfilman, pertelevisian.



6. Video Editor

Jika Anda bertugas mengedit video atau film dan juga merangkap sebagai video shooter, maka profesi Anda disebut Video Editor. Inilah jenis desain grafis lainnya yang harus memiliki imajinasi tinggi dan harus menguasai Adobe After Effects, 3d Maya, Adobe Premiere, Ulead Video Studio, Sony Vegas, Pinneacle. Sangat dibutuhkan di dunia perfilman dan industri musik.

7. Visualisator

Visualisator adalah desainer untuk memberikan gambaran sebuah produk atau karya dalam bentuk real / 3d dan harus memiliki kemampuan otak kanan yang cukup tinggi serta harus menguasai 3d Max, Autocad, Swift 3d, Digital Clay. Sangat dibutuhkan di dunia visualisasi produk dan presentasi produk.

Itulah beberapa jenis desain grafis yang ada saat ini. Pengelompokan dan nama ini berdasarkan tugas dan jobdesk masing-masing. Nah, setelah melihat review diatas, Anda termasuk yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar