Rabu, 25 Januari 2017

Termasuk Desainer Yang Manakah Anda Saat Ini?



Dunia digital kreatif saat ini sangat luas sehingga berbagai jenis desainer yang ahli di bidangnya pun sangat beragam dan memiliki jenis tanggung jawab yang berbeda-beda pula. Ada banyak sekali macam-macam dari desainer, dan tentu saja dari mereka tidak selalu berkutat dengan aplikasi photoshop.

Hingga awal tahun 2017 ini, desainer bahkan jasa desain logo terbagi menjadi beberapa macam dengan jobdesk yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tidak banyak yang faham betul akan fungsi dari desainer, tetapi jika tanpa mereka maka dunia visual saat ini akan terasa sangat monoton.


Untuk lebih jelasnya, yuk simak informasi berikut terkait macam-macam desainer yang ada saat ini.

Graphic Designer

Jenis desainer yang satu ini mungkin sangat familiar, khususnya bagi Anda yang bergelut di dunia kreatif. Seorang desainer grafis memiliki tugas untuk membuat konsep dan ide dan direalisasikan ke dalam bentuk logo, kemasan, iklan dan sebagainya.

Untuk merealisasikannya ke dalam bentuk di atas, seorang desainer grafis akan menggunakan tipografi, bidang geometris dan non-geometris, warna, foto, dan berbagai elemen desain lainnya yang dapat digunakan. Mereka juga akan membutuhkan berbagai software desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan sebagainya.



Motion Graphic Designer

Nah, untuk desainer jenis ini, mereka memiliki tugas untuk membuat video, film, ilustrasi bergerak, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan visual yang bisa hidup ketika dilihat.

Alur pekerjaan dari motion graphic designer adalah dengan membuat storyboard yang berisi segala elemen yang akan digunakan untuk karya desain mereka. Biasanya, storyboard ini akan dibuat berdasarkan script yang telah dituliskan. Dari script dan storyboard yang dibuat, seorang motion graphic designer akan merangkainya menjadi sebuah video, film, dan sebagainya, dengan memberikan elemen-elemen grafis dan non-grafis sesuai kebutuhan, seperti musik dan pengisi suara.



Fotografer

Fotografe juga termasuk salah satu desainer? Tentu saja. Seorang fotografer juga dituntut untuk memiliki kreatifitas dan imajinasi yang tinggi untuk menciptakan karya foto yang indah. Selain itu, mereka juga akan membutuhkan kemampuan di bidang fotografi dan keahlian editing foto dengan software desain untuk mendukung pekerjaan ini.



Animator

Pernahkah kalian melihat film kartun animasi milik Disney dan Pixar? Untuk menghasilkan sebuah film kartun animasi, maka akan dibutuhkan sebuah tim yang berisi animator handal. Tugas seorang animator adalah membuat konsep, alur cerita, karakter dan dunia karakter menjadi kenyataan.

Pekerjaan seorang animator sangat imajinatif. Untuk menjadi salah satu dari mereka, tentu akan dibutuhkan kemampuan menggambar yang baik dan imajinasi yang tinggi. Tidak hanya membuat film kartun animasi, seorang animator juga dapat menghasilkan karya seperti video game dan film dengan spesial efek.



Website Designer

Sesuai dengan namanya, seorang desainer website memiliki tugas untuk mendesain segala sesuatu yang berhubungan dengan media digital seperti website, mobile application, blog templates, ads banner untuk website, email marketing / newsletter, dan sebagainya.

Seorang desainer website juga akan membutuhkan software desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan sebagainya. Tidak hanya mendesain tampilan yang menarik, untuk mempermudah proses desain, mereka perlu memahami dasar-dasar bahasa programming seperti JavaScript.



Itulah beberapa jenis desainer yang perlu Anda pahami. See, ada begitu banyak jenis desainer yang tentu saja memiliki pekerjaan yang berbeda di setiap jenisnya. Jadi, termasuk kedalam jenis desainer apakah Anda saat ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar