Jumat, 06 Januari 2017

Apa Saja Tantangan Dalam Membuat Desain Website? Ini Dia!



Website sudah menjadi wajah dari suatu brand atau perusahaan. Dikenal sebagai pintu masuknya konsumen, tidak heran jika kini website sudah di desain sedemikian rupa agar terlihat menarik dan meyakinkan bahwa perusahaan tersebit sangat kredibel.

Memang, jika menelisik lebih jauh membuat website tidaklah mudah karena ada beberapa tantangan dalam membuaty desain website yang pasti akan ditemukan oleh web desainer dalam berbagai proyeknya.


Selain dibutuhkan kekuatan dan ide, kreativitas serta logika pun dibutuhkan untuk membuat desain website agar hasil akhir dari website tersebut mampu memiliki intergritas yang tinggi. Berikut ini akan kami bahas beberapa tantangan terbesar yang sering ditemui dalam mendesain sebuah website.



Intergasi : Kesulitan dalam melakukan sinkronisasi yang lancar dengan aplikasi pihak ketiga. Contoh kecilnya adalah dengan sosial media, peta yang diambil dari Google maps, dan lainnya.

Responsif : Harus bisa menyediakan konten pada beberapa jenis layar ataupun platform, kita tentu sadar bahwa pengujung membuka website kita menggunakan perangkat yang berbeda-beda, ada yang dari handphone, tablet maupun PC, dan setiap perangkat ukuran layarnya berbeda juga.

Aksesbilitas : Harus bisa memastikan website bisa dengan mudah diakses oleh pengunjung, baik itu yang pria atau wanita, orang tua, bahkan kalau perlu penyandang disabilitas. Ini tentu menjadi tantangan yang tidak mudah bagi desainer.

Retensi : Kemampuan untuk membuat pengunjung ingin datang kembali ke website dilain waktu, ini tentu tidak mudah, bukan hanya menariknya konten yang bisa membuat pengunjung datang, web desainer tentu harus bisa membuat desain yang menarik agar pengunjung senang melihat website tersebut.

Kecepatan : Memastikan bahwa website tersebut tidak tersendat dan menghindari proses-proses yang membuat halaman web menjadi lambat ketika diakses.

Web desainer tentu terlibat disini misalnya ketika menampilkan gambar pada website maka sebisa mungkin ukuran gambar harus kecil sehingga tidak berat ketika diakses, untuk icon ada baiknya gunakan font-icon atau terapkan teknik CSS Sprite, agar request atau permintaan data ke server tidak terlalu banyak.

Keamanan : Untuk menjaga situs website dari serangan malware, h4cker dan delusi. Masalah ini bukan hanya pada website, namun pada sistem lainpun pasti akan kita temukan. Salah satu hal yang terkait keamanan ini adalah, desainer sebisa mungkin jangan menaruh elemen-elemen web yang riskan seperti form login di halaman depan website karena bisa mengundang orang lain untuk mencoba-coba keamanan website.



Demikianlah informasi terkait beberapa tantangan yang sering dialami para web desainer dalam mendesain suatu website. Tentu kita semua sering mengalaminya, dan tantangan ini adalah beberapa faktor yang harus kita hadapi agar website yang kita termasuk yang didesain oleh jasa desain company profile miliki menjadi semakin optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar