Senin, 02 Januari 2017

Sebelum Mendesain Kartu Nama, Ini Dia 5 Tipsnya



Promosi, pengenalan suatu perusahaan, dan juga branding tidak terlepas dari kartu nama. Dari sinilah orang-orang akan tau siapa Anda dan dalam perusahaan apa Anda bergerak. Kartu nama adalah elemen penting sebagai media promosi dan membangun jaringan dalam bisnis.

Banyak orang yang kini pastinya selalu memiliki kartu nama, tetapi harus seperti apakah bentuk dari Kartu Nama itu sendiri, apakah hanya berisikan Nama dan Nomer Telepon saja? tentu saja tidak.

Kartu nama secara tidak langsung haruslah didesain dengan baik, dengan menempatkan elemen-elemen grafis dalam tampilannya agar terlihat meriah dan juga eksklusif. Jika Anda masih bingung, dilansir situs jasa desain logo inilah beberapa tips dalam mendesain kartu nama yang harus Anda ketahui.



1. Font Yang Variatif

Bermainlah dengan ukuran font, hal ini akan sangat efektif dalam menuntun mata pembaca memilah mana konten yang punya prioritas paling utama pada kartu nama. Namanya saja kartu nama, jadi buat nama dengan ukuran paling besar dan bold sehingga menarik perhatian mata lebih dulu. Setelah itu, nomor telepon yang aktif, email dan alamat bisa dibuat lebih kecil namun tetap keren.

2. To Do Point

To Do Point atau langsung ke pokok pembahasan. Cukup tampilkan hal-hal yang penting saja dalam desain krtu nama. Walaupun kartu nama digunakan juga sebagai sarana promosi, tapi medianya sangat terbatas. Ada media promosi lain yang bisa menampung konten-konten yang tidak muat diselipkan di kartu nama, seperti brosur dan flyer misalnya.

3. White Space

White space dapat diartikan sebagai ruang kosong dalam desain kartu nama. Berikan white space yang cukup agar fokus konten menjadi kuat. Selain itu, secara naluriah mata akan menolak jika ditampilkan konten visual yang penuh. Seperti melihat wajah seseorang dari jarak 1 cm, kita akan spontan menjauh untuk melihat keseluruhan wajah dengan tampilan yang lebih baik. White space juga membantu membuat tampilan desain tampak elegan dan profesional. The experts say: white space is your friend.



4. Bleed

Bleed adalah garis batas atau margin yang harus diperhitungkan ketika mendesain kartu nama. Sederhananya bisa diartikan sebagai langkah berhati-hati agar konten-konten desain tidak terpotong pada saat diproduksi. Standar bleed untuk desain kartu nama adalah 3-5 mm. Cukup beri batasan dengan ukuran 3-5 mm di sekeliling area kartu nama agar konten tetap utuh.

5. Unik

Dan terakhir, agar Kartu Nama tidak langsung dibuang buat seunik mungkin. Menjadi unik adalah salah satu poin kunci untuk memposisikan diri pada ingatan paling atas dalam pikiran konsumen. Tidak hanya dalam desain, keunikan pada kartu nama juga bisa ditampilkan pada material kartu nama.


Itulah beberapa hal dalam mendesain kartu nama yang harus Anda ketahui. Kartu nama dalam sebuah promosi harus bisa bersaing dengan yang lainnya, dan buatlah sebuah kartu nama yang menarik agar bisa mempresentasikan perusahaan yang Anda miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar