Rabu, 04 Januari 2017

Tips Desain Web Untuk Kenyamanan User Anda



Website kini fungsinya bukan hanya hiasan semata, tetapi sudah menjadi wajah dari suatu perusahaan karena jika perusahaan tidak memiliki sebuah website, kredibilitasnyapun diragukan. Maka dari itu, kehadiran sebuah website begitu penting di era digital saat ini.

Ketika anda pertama kali mengunjungi sebuah situs bahkan yang dibuat oleh jasa desain company profile, apa yang pertama kali anda lihat dan nilai? Desain! Ya, desain merupakan first impression pada pengunjung ketika mengunjungi website Anda. Baik atau buruknya desain sebuah website di mata pengunjung menjadi aspek penting yang harus anda perhatikan.


Jika desain sebuah website tidak Anda perhatikan atau perbaharui, maka bisa dipastikan pengunjung pun akan mengklik icon X di pojok tab browser karena mereka merasa website tersebut tidaklah menarik sama sekali.

Maka dari itu, ayo kita buat website semenarik mungkin dengan desain yang mempresentasikan brand kita. Ini dia beberapa tipsnya.



1. Keserasian

Hal pertama sebelum mendesain blog adalah mengkaji desain yang bagaimana yang paling cocok untuk diterapkan di blog anda. Jangan sampai salah. Sebaiknya anda mencari referensi dulu desain yang seperti apa yang cocok dengan topik blog anda. Jika blog anda tentang travel, sebaiknya anda kunjungi dulu web/blog terkenal yang membahas travel. sekedar untuk referensi.

Poin ini sebaiknya diingat selama anda melakukan langkah-langkah desain blog. Setiap yang tampil di blog anda harus sesuai dengan topik blog anda, atau setidaknya tidak mengacau.

2. Efektifitas dan Kesederhanaan

Langkah selanjutnya yang harus Anda pikirkan adalah apa yang pengunjung rasakan ketika menggunakan atau mengakses website yang Anda punya. Umumnya, orang menyukai blog atau website yang tidak bertele-tele dan memiliki tampilan sangat sederhana agar mereka mudah mengakses dan melakukan beragam tindakan di dalam website tersebut.

Semakin padat dan jelas, semakin enak dibaca. Selain itu, keefektifan dan kesederhanaan juga menghemat tenaga anda dalam mengoperasikan website yang ada saat ini.

3. Navigasi

Navigasi adalah arahan, petunjuk atau jalan di sebuah blog dan website. Begitulah mungkin singkatnya. Buatlah navigasi yang mudah di website anda.

Desain anda mungkin sudah disenangi karena 2 poin diatas. Tapi ketika pengunjung mengunjungi sebuah halaman di website anda, belum tentu mereka tetap suka jika navigasi website anda susah.

Contoh cara membuat navigasi yang mudah misalnya dengan membuat menu utama, memasang breadcrumb, nomor halaman, peta situs (site map), artikel terkait, dan lain-lain.



4. Desain Responsive

Secara singkat Desain Responsive adalah sifat desain sebuah situs dimana ketika diakses di perangkat apapun (PC/NoteBook/IPad/SmartPhone/HP), akan menyesuaikan dengan ukuran layar pada perangkat. Di era tablet dan SmartPhone ini, desain sebuah web yang responsive sangat diperlukan agar blog anda tetap menarik pada perangkat apapun yang pengunjung pakai.

Untuk Blog jenis blogspot, Desain responsive itu sudah ada fiturnya. Walaupun dengan tampilan yang sangat sederhana. Sedangkan, untuk wordpress ataupun web yang tidak memakai CMS, harus mengatur sendiri.

5. Tampilan Penyegar Mata

Hiburan dan segala hal yang berbau entertainment sangatlah dibutuhkan dalam sebuah website. Janganlah mendesain website secara kaku tanpa hiburan karena ini bisa menimbulkan sebuah kebosanan jika user mengakses website Anda.

Buatlah desain webiste dengan menambahkan warna-warna menarik di beberapa bagian. Tambahkan pula ikon-ikon keren dan kreatif serta beberapa efek agar memungkinkan user tersenyum senang saat melakukan kegiatan pada website yang Anda miliki tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar