Kamis, 19 Januari 2017

Muncul Di Halaman Pertama Google, Ekspektasi Salah Klien Ketika Membuat Website Baru



Ketika Anda membuat website baru — entah untuk perusahaan, portfolio, atau peruntukan website lainnya — pasti punya tujuan yang ingin dicapai. Tentu saja semua orang yang baru memulai sebisa mungkin ingin website barunya menghasilkan hasil secepat mungkin khususnya dalam menjaring banyak user dan konsumen.


Dalam hal pembuatan website,dilansir situs jasa desain company profile, ekspektasi yang paling sering ada adalah clieny ingin memiliki website mereka agar muncul di halaman pertama Google untuk keyword tertentu. Apakah bisa? meskipun bisa, tapi hal tersebut tidak akan mungkin terjadi. Sorry!

MENGAPA HAL TERSEBUT BISA TERJADI?

Analoginya seperti ini, anda baru membuka sebuah bisnis baru. Toko baru di sebuah komplek ruko. Walaupun bisnis anda baru namun tetap saja pasti mempunyai kompetitor yang bergerak di bidang bisnis yang sama.



Google kita perumpamakan sebagai suatu developer komplek ruko/mall. Namun mereka mempunyai sistem yang bisa mengatur denah lokasi toko anda. Semakin banyak pengunjung toko anda maka toko anda akan semakin maju kedepan. Lalu sebenarnya apa saja faktor yang membuat website anda maju ke halaman pertama Google? Berikut beberapa poin utama yang harus Anda pahami betul!

Membutuhkan Waktu dan Proses

Cara kerja Google adalah mengindeks halaman serta isinya dengan algoritma tertentu agar memunculkan halaman-halaman dari berbagai website untuk kata kunci tertentu yang paling relevan (atau tidak). “Kata Kunci” adalah poin penting. Kata kunci adalah kata yang anda tuliskan di kolom ketik di halaman Google.

Kesalahan yang paling sering adalah client sudah cukup puas ketika mereka mengetik nama perusahaan dan muncul di halaman pertama, itu memang akan terjadi karena sangat spesifik, kecuali jika ada perusahaan lain yang mempunyai nama yang sama dengan Anda.



Tapi itu bukanlah keyword yang anda butuhkan. Kalau perusahaan anda bergerak di bidang jual barang kesehatan misalnya. Maka keyword atau kata kunci yang anda butuhkan adalah targetted keywords. Contohnya “Jual alat kesehatan klinik” , “jual tas ransel”, “jual jam tangan”, “jasa buat website” dsb. User seperti inilah yang sifatnya masih mencari-cari perusahaan / orang yang menawarkan barang/jasa tersebut.

Kata kunci inilah yang butuh proses. Anda disini akan bersaing dengan perusahaan lainnya yang menawarkan barang/jasa yang sama. Maka dari itulah anda butuh apa yang dinamakan Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO.

Anda tentu sudah pernah dengar profesi SEO specialist / internet markerter. Merekalah yang bertugas menaikkan peringkat website anda baik on-page atau off-page. Menulis artikel, promosi di media sosial dan masih banyak lagi. Segala cara dilakukan untuk menaikkan peringkat website anda.

Mau Mudah? Gunakan Google Adwords

Anda merasa malas menulis artikel, tak punya waktu, atau yang lain sebagainya maka mustahil website anda bisa muncul di peringkat pertama Google untuk buying keywords. Hanya ada satu cara yang paling cepat dan mudah untuk langsung muncul di halaman pertama Google walaupun website anda baru sekalipun. Caranya adalah dengan beriklan di Google Adwords.

Google Adwords merupakan layanan iklan berbayar Google yang memungkinkan anda muncul di halaman Google untuk kata kunci yang anda inginkan. Jadi kalau anda ingin segera mendapatkan pengunjung ke website maka anda harus membuat iklan di Google Adwords yang dibayar berdasarkan jumlah klik.



Anda memang harus mengeluarkan biaya tambahan dan membuat budget yang harus anda keluarkan tiap bulannya untuk kebutuhan iklan. Namun bila memang anda ingin sesegera mungkin tampil di halaman pertama Google maka tidak ada salahnya mencoba cara ini.

Jadi, apakah website kita bisa muncul di halaman pertama Google meskipun masih baru? jelas bisa, tetapi tidak langsung instant karena dibutuhkan proses yang berkala. Selain itu, dari segi pengeluaran Anda juga harus banyak berkorban agar hasilnya bisa Anda nikmati dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar