Jumat, 13 Januari 2017

Menguak Psikologi Warna Dalam Desain



Warna merupakan elemen yang penting dari seni visual. Warna akan menunjukkan sifat dan mood dari sebuah entitas. Bayangkan saja jika dunia tanpa warna, tentu akan terlihat suram dan menyedihkan. Itulah mengapa warna sangat berarti kehadirannya, tanpa warna hidup pun akan terasa hampa.


Setiap warna yang ada di bumi ini memiliki psikologi warna tersendiri yang bisa menyimbolkan tentang perasaan atau makna tersendiri. Meskipun dibeberapa negara simbol warna bisa mempunyai arti yang berbeda, namun sebuah warna bisa memiliki makna tertentu secara umum.

Lantas, apa saja psikologi dari warna-warna khususnya dalam dunia desain grafis ini? Simak infonya.

Psikologi Warna : HITAM

Warna hitam berarti sangat kuat, pemakainya akan terlihat jahat dan menyeramkan. Penjahat atau drakula sering memakai warna hitam sebagai simbol keabadian mereka. Dari sisi psikologi sendiri, warna hitam adalah warna yang kuat yang membangkitkan otoritas, kekuasaan, keberanian, keanggunan dan gaya. Dalam dunia desain grafis dan juga jasa desain logo, warna ini sering sekali di masukan dan menjadi sebuah warna dalam memperjelas identitas dan makna sebuah desain grafis.



Psikologi Warna: MERAH

Warna yang cenderung emosional dan juga cenderung ekstrem. Inilah warna merah yang bisa disimbolkan sebagai agresivitas, keberanian, gairah, kekuatan dan vitalitas. Warna merah akan lebih tampak menonjol dibandingkan warna lain pada pengaplikasian pekerjaan desain karena warna ini bisa mempresentasikan semangat dan kekuatan yang akan di tunjukan desain grafis kepada semua orang melalui grafis itu sendiri.



Psikologi Warna : BIRU

Warna langit dan laut, salah satu warna paling popular diantara yang lain. Biru melambangkan kewenangan, martabat, keamanan dan kesetiaan. Warna biru yang tenang menyebabkan tubuh memproduksi bahan kimia yang menenangkan, sehingga sering digunakan dalam kamar tidur.

Orang juga lebih produktif di ruangan biru. Studi menunjukkan angkat besi mampu menangani beban lebih berat di pusat kebugaran biru. Dalam desain logo, biru banyak digunakan sebagai warna dominan logo pemerintahan, pendidikan dan medis.



Psikologi Warna : UNGU

Mewah dengan memasukan unsur spiritualis di dalamnya, itulah Ungu. Warna ini termasuk color of royal karena sangat identik dengan kerajaan, kemewahan dan kekayaan. Hal ini juga melambangkan kekuasaan dan kedudukan yang dalam sekejap bisa juga menjadi warna yang feminin dan romantis.



Psikologi Warna: ORANYE

Warna matahari dan senja, itulah Oranye. Oranye melambangkan energi, antusiasme, flamboyan dan perhatian. Sifatnya menarik, cerah, ceria sehingga menawarkan keterbukaan dan keramahan kepada yang melihatnya. So nice!



Psikologi Warna: HIJAU

Warna hijau adalah warna alam dan kesuburan. Warna hijau melambakang kesegaran, ketenangan, alam, natural, kesehatan.  Dalam relevansi dengan dunia desain, warna hijau banyak digunakan dalam bidang kesehatan, konstruksi, real estate, ekologi, konservasi alam dan olahraga semacam golf.



Itulah beberapa warna dan sudut pandangnya jika dilihat dari psikologi. Tidak heran, warna sangat penting peranannya di dalam media apapun karena sebagai penambah estetika, warna juga merupakan sebuah unsur yang bisa membuat keberagaman dan seni tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar