Jumat, 13 Januari 2017

Inilah 5 Desainer Kreatif Yang Selalu Penuh Ide Cemerlang



Bicara tentang desain, maka sama saja bicara tentang hal yang sangat kompleks. Desain melibatkan banyak hal atau bidang yang bersifat multidisipliner. Misalnya desainer grafis yang sedang merancang desain iklan komersial. Selain kemampuan teknis dalam mengolah gambar dan teks, ia juga harus mempelajari hal-hal lainnya seperti ilmu pemasaran, perilaku konsumen, psikologi, komunikasi, dan lainnya.


Bukan hanya dibidang grafis dan jasa pembuatan company profile, desainer juga memiliki banyak type dan jenisnya. Umumnya, desainer ini juga mencakup hal-hal yang tentu saja berhubungan dengan menggambar dan visual dimana menggambar adalah salah satu media awalnya.

Inilah beberapa jenis desainer yang tentu saja kreatif dan penuh dengan ide-ide cemerlang. Mungkin Anda adalah salah satu diantaranya? Check this out!

Arsitek

Keberadaan bangunan fisik berupa rumah pribadi maupun bangunan komersial seperti gedung perkantoran, pusat pertokoan, hotel, villa, dan apartemen tidak bisa lepas dari peran seorang arsitek. Ialah yang merancang desain bangunan dan konstruksi agar bangunan tersebut memiliki nilai estetikanya.

Apa saja tugas arsitek? Ruang lingkup pekerjaan arsitek meliputi konsultasi rancangan desain kepada klien, menyediakan gambar desain secara detail, bekerjasama dengan kontraktor, meninjau lokasi proyek, dan sebagainya.



Desainer Otomotif

Desain otomotif berkaitan erat dengan desain produk atau desain industri yang meliputi pengembangan kendaraan jalanan. Misalnya desain mobil, desain bus, desain truk, desain motor, dan lainnya. Desainer otomotif tentunya bekerjasama dengan beberapa ahli lainnya yang tergabung dalam suatu tim desain. Pekerjaan seorang desainer otomotif meliputi perancangan konsep desain mulai dari sketsa baik manual maupun penggunaan sofware desain 3D seperti program CAD (computer-aided-design).



Desainer Fashion

Sangat suka membuat sebuah sketsa, inilah jenis desainer lainnya yaitu desainer fashion. Profesi ini sangat populer dan banyak diminati oleh mereka yang menyukai dunia fashion. Ruang lingkup pekerjaan desainer fesyen yang utama yaitu membuat rancangan desain aneka produk fashion pria dan wanita seperti desain pakaian atau baju, desain sepatu, desain hijab, desain celana, desain perhiasan, desain aksesoris fashion, dan sebagainya.

Tidak hanya mendesain busana, fashion designer juga harus memiliki kepekaan yang tinggi tentang trend fashion terbaru yang pernah berkembang di era terdahulu maupun yang sedang berkembang sekarang.



Desainer Web

Perkembangan dunia internet yang semakin pesat membuat profesi web desainer sangat diminati saat ini. Pekerjaan utamanya adalah merancang tampilan website dengan menggunakan program komputer. Dalam melaksanakan tugasnya, desainer web perlu mempertimbangkan beberapa hal penting. Selain tampilan website yang bagus secara estetika, web designer harus memperhatikan aspek kenyamanan dan interaksi pengguna agar informasi dalam website dapat tersampaikan dengan baik.



Desainer Grafis

Yang terakhir tentu saja desainer grafis. Profesi ini kini menjadi sangat populer karena selain menyenangkan, ruang lingkup pekerjaannya juga desainer grafis penuh dengan imajinasi dan pemahaman akan seni.

Apa saja pekerjaan desainer grafis? Seorang desainer grafis tidak cuma sebatas mendesain logo, brosur, kalender, katalog atau media-media promosi lainnya dengan menggunakan software komputer grafis. Lebih dari itu, desainer grafis harus bisa memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh kliennya dengan menghadirkan rancangan komunikasi visual melalui media.



Itulah beberapa jenis desainer yang ada saat ini. Profesi desainer memang sangatlah menyenangkan untuk dibahas karena selain bermain dengan kreatifitas, mereka juga harus bisa menciptakan suatu hal untuk bisa menarik perhatian semua orang. So much fun!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar