Kamis, 05 Januari 2017

Inspirasi Desain Grafis : Desain Bernuansa Islam



Sebagai salah satu agama terbesar di dunia, islam memiliki pengaruh yang cukup besar khususnya pada seni bahkan pada desain grafis. Seni desain bernuansa islami memiliki ciri khas tersendiri dengan pola dan warna yang menyejukan mata.

Dihasilkan untuk pertama kalinya pada sekitar abad ketujuh, desain Islami terbukti memiliki pengaruh luar biasa terhadap beragam seni dan bermacam-macam media di seluruh dunia. Anda bisa melihatnya di keramik, ubin, kaca dan masih banyak lagi. Satu hal yang pasti, desain Islami sangatlah memesona.


Jika Anda memang sudah bosan dengan desain yang itu-itu saja khususnya yang bergerak di jasa pembuatan company profile, cobalah sesekali untuk melihat secara terbuka desain dari nuansa islami sendiri yang memiliki ciri khas tersendiri. Untuk Anda yang penasaran, berikut beberapa informasi terkait inspirasi desain grafis dengan nuansa islami.

Pola Vegetal

Pola ini merupakan pola tanaman dengan bentuk melengkung yang terkadang mengikutsertakan unsur alam seperti daun dan bunga. Jika Anda tidak tahu apa itu pola vegetal, Anda mungkin pernah mendengar istilah Arabesque, begitulah terkadang orang menyebut pola vegetal ini.

Pola Vegetal berasal dari Mediterania Timur. Ide yang mendasari pola Arab ini adalah Taman Surga. Yang menarik dari pola vegetal adalah bahwa pola-polanya sepertinya tidak memiliki batas dalam bentuk dekoratif mereka.



Kaligrafi

Jika berbicara tentang apa unsur desain grafis islami yang populer di seluruh dunia maka kita semua pastinya setuju jika kaligrafi adalah salah satunya. Meskipun bahasa Jepang dan Mandarin juga memiliki seni kaligrafi, tetapi nuansa islamilah yang paling sering menggunakannya.

Kita bisa melihat kaligrafi digunakan tidak hanya sebagai tulisan tapi juga untuk menghias kayu, arsitektur, kaca, logam, keramik, dsb. Dari semua unsur seni Islami, kaligrafi dianggap sebagai yang paling mulia. Walaupun tidak setiap orang dapat membaca apa yang tertulis, semua tahu bahwa kaligrafi mengungkapkan makna dan keindahan.



Pola Geometris

Fitur lain dalam desain islami adalah pola geometris. Jika kita melihat pola geometris islami dan membandingkanya dengan pola geometris lain yang ada di luar sana, kita mungkin akan berpikir mereka sama saja. Apa yang kita pikirkan sayangnya tidak benar karena beberapa ahli matematika meyakini bahwa pola geometris islami adalah pola terumit yang pernah dibuat. Pola inilah yang bisa Anda coba pada grafis sehari-hari, karena selain indah, pola ini juga rumit namun tetap mempesona.



Warna Yang Kuat

Desain-desain Islami kebanyakan menggunakan warna-warna kuat seperti biru, hijau, toska dan merah. Warna-warna tersebut sering digunakan atau digabung bersama sehingga saat orang melihatnya, mereka langsung menghubungkan warna-warna tersebut dengan agama Islam.

Grafis bernuansa islami juga identik dengan warna yang mewah seperti emas, putih dan abu-abu. Dalam dasar islami sendiri, banyak warna yang dipakai dan Anda pun bisa melakukannya, asalkan masih memiliki keterkaitan dengan nuansa islami itu sendiri.



Itulah beberapa informasi terkait desain bernuansa islami yang perlu Anda ketahui. Desain bernuansa islami ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda dalam mendesain sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan grafis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar