Rabu, 11 Januari 2017

Ingin Menjadi Ahli Tipografi? Ini Dia Cara-Caranya



Salah satu bagian yang cukup penting untuk dipelajari dalam dunia desain adalah tipografi, yaitu sesuatu yang berhubungan dengan tulisan. Tipografi merupakan bagian dalam seni membuat tulisan agar terlihat menarik untuk dipandang dan bisa berbicara dalam mempresentasikan sebuah produk atau brand.

Tipografi memiliki banyak sekali bagian yang perlu kita pelajari, mulai dari jenis, ukuran, bahkan ada istilah yang mungkin cukup asing untuk pemula seperti apa itu kerning, leading dan tracking. Maka dari itu, untuk membuat tipografi yang menarik dan keren khususnya dari jasa desain logo, tentunya Anda harus mengerti tentang tulisan dan seluk beluk dari tipografi itu sendiri.

Anda tentu saja ingin ahli dibidang tipografi itu, bukan? Mari mengenal lebih jauh tentang cara-caranya.



1. Pelajari Sejarah Tipografi

Mempelajari sejarah tipografi merupakan langkah awal agar bisa menjadi ahli dalam bidang tipografi, untuk mencintai sesuatu maka ada baiknya kita paham asal mulanya, bukan?. Typography sendiri adalah sebuah kata dari Yunani yang terdiri dari kata “typos” dan “grapien”, yang berarti menulis. Nah, dari kata itu juga kita sudah mengetahui bahwa Topografi sangat erat kaitannya dengan menulis.

2. Pahami Jenis Font Utama

Selain sejarah, pelajari juga perbedaan font dan jenis huruf, dimana jenis huruf mengacu pada desain keseluruhan, sedangkan font berarti ukuran tertentu dan bobot hurufnya. Misalnya Times New Roman adalah jenis huruf, sedangkan Times New Roman Bold 24 adalah font. Dalam aplikasi seperti Microsoft Word dan berbagai aplikasi lain, jenis huruf kini juga dikenal sebagai font.

Font juga memiliki jenisnya seperti font sering yang merupakan tonjolan pada ujung huruf, contohnya bisa Anda lihat pada font Baskerville, Garamond dan Times New Roman. Sedangkan font sans-serif tidak memiliki tonjolan, contohnya seperti font Arial, Futura.

3. Pelajari Aturan Tipografi

Aturan dasar tipografi juga penting untuk diketahui seorang tipografer, sebutan untuk mereka yang berkutat dibidang tipografi. Ingat bahwa font hanya masuk akal dalam konteks, jadi coba untuk melihat bagaimana mereka diintegrasikan ke dalam desain pada sebuah proyek yang besar.



4. Bagaimana Memilih Font

Sebuah bisnis membutuhkan merek yang mengesankan dan dikenang, dan logo yang berkesan bisa dimulai dengan font. Memilih font harus melibatkan banyak pemikiran yang cermat dan sedikit penelitian. Anda tentu harus mulai dengan mendefinisikan seperti apa citra merek, dan membuatnya bisa mudah diterima oleh konsumen.

5. Pelajari bagaimana cara membuat font

Agak sulit rasanya menyebut seseorang sebagai ahli tipografi namun dia tidak bisa atau bahkan tidak pernah membuat font sendiri. Seseorang yang ahli biasanya dikenal dengan karya-karyanya. Jadi pelajari bagaimana cara membuat font yang baik dan jadilah seorang ahli tipografi.

Selain itu untuk bisa membuat font Anda sendiri, bisa menggunakan aplikasi berbayar seperti FontLab Studio, atau yang gratisan seperti FontStruck atau FontForge.


Itulah beberapa poin yang setidaknya harus Anda dalami ketika memutuskan untuk menjadi ahli dalam bidang tipografi, yang kami jelaskan diatas tentu hanya poin-poin nya saja, bisa dibilang hanya kulitnya saja dan untuk lebih memahami secara lebih mendalam tentang poin-poin diatas tentu Anda bisa cari berbagai literatur tentang hal tersebut baik dalam bentuk artikel di internet atau dengan membeli buku-buku yang berkaitan dengan dunia tipografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar